Labels

Senin, 06 Mei 2013

Apa Pentingnya Perpisahan??

Ini adalah tugas ketigaku bersama Karya Ilmiah Remaja SMA Negeri 5 Padang
Makasih untuk semuanya :)
***



Acara perpisahan merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahunnya. Setiap sekolah ataupun instansi pemerintahan selalu mengadakan acara perpisahan, jika salah satu dari mereka akan meninggalkan tempat tersebut. Terkadang juga karena telah menyelesaikan tugas suatu tempat. Seperti pada acara perpisahan dari tingkat SD, SMP, SMA, termasuk acara perpisahan untuk guru-guru yang pensiun.
Acara perpisahan adalah acara yang penting. Karena inti dari acara tersebut untuk memperkuat rasa kebersamaan. Walaupun dalam acara tersebut yang ditampilkan selalu hal yang sama, seperti solo song, dance, ataupun teater drama. Tapi, bukan hal itu yang membuat acara perpisahan menjadi penting. Namun makna, dan kenangan dari di acara tersebut.
Kita sering mendengar kata Bapisah Bukannyo Bacarai. Setiap diadakannya acara perpisahan, kata-kata ini pasti selalu muncul mewarnai panggung perpisahan. Kata yang bermakna bahwa, perpisahan bukanlah berpisah secara nyata. Namun, perpisahan merupakan awal untuk menguatkan tali persahabatan.
Tidak semua sekolah mengadakan perpisahan. Hal itu disebabkan banyaknya pertimbangan mengadakan acara perpisahan. Selain masalah dana, juga ada beberapa sekolah yang terkendala masalah teknis dan keamanan jalannya acara. Alternatif acara perpisahan biasanya diadakan doa bersama. Doa bersama hanya mengeluarkan dana yang sangat minim, dibanding dengan acara perpisahan yang mengeluarkan dana puluhan juta. Tidak hanya itu, doa bersama tidak akan menimbulkan kegaduhan. Namun doa bersama kurang memberikan kesan, dan makna yang dalam dibandingkan acara perpisahan.
Contohnya saja SMA Negeri 5 Padang yang memutuskan untuk mengadakan acara perpisahan. Selain dikarnakan sudah menjadi program tahunan sekolah beberapa tahun belakangan ini, juga karena keinginan dari semua siswa kelas XII. Dana yang keluar untuk mengadakan acara ini kurang lebih sebesar 20 juta yang didapat dari pungutan semua siswa pertingkat. Kebanyakan siswa tidak merasa terbebani dengan pungutan biaya yang harus mereka bayar. Mereka ingin acara terakhir berada di sekolah meninggalkan kesan yang dalam. Perpisahan merupakan hal yang penting, karena dengan perpisahan kita akan mengenal suatu perasaan yang kuat antar sesama, yaitu persahabatan.

Tidak ada komentar:

 

Translate

Cari Blog Ini

We Wish

Jika Kalian mengunjungi blog ini,tolong tinggalkan komentar unruk mengetahui seberapa menariknya blog ini makasih ^^